REXEL ID – Minecraft 1.20.50 Official Release – Pembaruan Minecraft terbaru menghadirkan tampilan baru untuk kelelawar, pot yang dapat dihancurkan, dan beberapa fitur eksperimental baru seperti blok perajin. Mari kita lihat highlightnya!
Kelelawar memiliki tampilan baru Peningkatan pada Pot Hias, seperti kemampuan untuk menempatkan barang di dalamnya dan menghancurkannya dengan proyektil Fitur eksperimental baru dari pembaruan 1.21 mendatang, termasuk Crafter dan blok Tembaga baru Layar ‘Cara Bermain’ telah diubah sepenuhnya menjadi layar ‘Ensiklopedia’ Banyak perbaikan, peningkatan, dan perubahan teknis
Fitur baru:
Perbaikan pada Pot Hias
Pot Hias sekarang dapat menyimpan hingga satu tumpukan item
Hopper, Hopper Minecart, dan Dropper sekarang dapat memasukkan dan/atau mengekstrak item dari Pot Hias
Pembanding sekarang dapat membaca jumlah item di Pot Hias
Pemain dapat berinteraksi dengan Pot Hias untuk memasukkan item ke dalamnya
Pot Hias tidak memiliki antarmuka pengguna dan perlu dipecah untuk mengambil atau menemukan kontennya
Interaksi pemain dengan Pot Hias menyebabkan Pot Hias bergoyang dan mengeluarkan getaran dengan frekuensi 11
Pot yang Dihiasi dapat dihancurkan oleh proyektil, yang menyebabkan pot tersebut pecah dan isinya terjatuh
Meningkatkan ukuran tumpukan maksimum Pot Hias yang identik menjadi 64
Kelelawar
The Bat kini memiliki tampilan baru, berkat model, animasi, dan tekstur yang diperbarui
Ensiklopedi
Merombak total layar “Cara Bermain” dan membuat layar “Ensiklopedia” baru
Memperbaiki berbagai kesalahan ejaan
Menghapus referensi usang ke “Dunia lama”
Menambahkan referensi yang hilang ke item terkait Netherite (MCPE-90770, MCPE-165370)
Paritas Vanila:
Vindicator dan Evoker tidak bisa lagi muncul di dunia yang Damai (MCPE-124736)
Fitur Eksperimental:
perajin
Menambahkan blok Crafter ke dalam game
Perajin dapat dibuat dengan Redstone Dust, Iron Ingot, Crafting Table, dan Dropper
Perajin menggunakan partikel berbeda saat membuat
Crafter memiliki suara yang berbeda untuk membuat dan gagal
Crafter memiliki ketahanan ledakan 3,5
Komparator yang terhubung ke Crafter sekarang mengeluarkan sinyal yang setara dengan jumlah slot yang tidak kosong ditambah slot yang dinonaktifkan
Memindahkan item ke perajin dari Hopper atau Dropper akan mendistribusikannya secara merata alih-alih mengisi tumpukan pertama terlebih dahulu
Memberdayakan Crafter dengan sinyal Redstone membuatnya membuat dan mengeluarkan item
Keluarga Tembaga
Keluarga blok Tembaga telah diperluas, termasuk:
Tembaga yang Dipahat
Parut Tembaga
Bohlam Tembaga
Pintu Tembaga
Pintu Perangkap Tembaga
Varian teroksidasi dan wax dari semua varian di atas
Tembaga yang Dipahat
Dibuat dengan 2 Lembaran Tembaga Potong dengan tingkat oksidasi yang sama
Dapat dibuat di Pemotong Batu
Parut Tembaga
Jenis blok dekoratif baru yang unik untuk keluarga Tembaga
Dibuat dengan 4 Blok Tembaga dengan tingkat oksidasi bersama
Dapat dibuat di Pemotong Batu
Properti:
Transparan dan memungkinkan cahaya melewatinya
Massa tidak bisa mati lemas di dalamnya
Tidak dapat melakukan Redstone
Massa yang bermusuhan tidak dapat menyerang mereka secara alami
Bohlam Tembaga
Blok pemancar cahaya yang dapat mengalihkan emisi cahayanya melalui pulsa Redstone
Teroksidasi seperti blok Tembaga lainnya, dan memancarkan lebih sedikit cahaya jika semakin teroksidasi
Bohlam Tembaga: Tingkat cahaya 15
Bohlam Tembaga Terkena: Tingkat cahaya 12
Bohlam Tembaga Lapuk: Tingkat cahaya 8 Bohlam Tembaga Teroksidasi: Tingkat cahaya 4
Saat ditempatkan, lampunya mati secara default
Saat Bohlam Tembaga tidak diberi daya, lampunya akan menyala atau mati saat menerima pulsa Redstone
Lampu Bohlam Tembaga akan tetap menyala meskipun sumber Redstone dilepas hingga menerima pulsa Redstone lain untuk mematikannya
Kristal Redstone akan bersinar di tengah Bohlam Tembaga saat ditenagai oleh sinyal Redstone
Pembanding akan membaca kekuatan sinyal sebesar 15 jika lampu Bohlam Tembaga menyala
Tidak menghantarkan kekuatan Redstone
Dapat membuat 4 Bohlam Tembaga dengan:
3 Blok Tembaga dengan tingkat oksidasi bersama
1 Batang Api
1 Debu Batu Merah
Pintu Tembaga dan Pintu Trap
Varian tembaga dari Pintu dan Pintu Trap yang dapat teroksidasi seiring waktu dan diberi lapisan lilin
Berfungsi seperti Pintu kayu yang dapat dibuka dan ditutup dengan interaksi seperti halnya Redstone
Dibuat dengan Blok Tembaga dengan tingkat oksidasi bersama
Keluarga Tuff
Tuff telah diperluas untuk memiliki rangkaian bloknya sendiri, termasuk:
Varian Tangga, Pelat, Dinding, dan Pahat
Batu Bata Tuff dengan varian Tangga, Pelat, Dinding, dan Pahat
Tuff Poles dengan varian Tangga, Slab, dan Dinding
Semua varian Tuff dapat dibuat di Stonecutter dan Crafting Table
Penyeimbangan Kembali Perdagangan Penduduk Desa
Memperbaiki masalah ketika Pustakawan eksperimental tidak pernah menjual pesona umum tingkat tertinggi (MCPE-174861)
Perbaikan dan Perubahan:
Performa / Stabilitas
Sticky Piston yang menarik Sticky Piston yang menarik pemain dan blok lain tidak lagi membuat game crash (MCPE-175790)
Memperbaiki bug di mana layar membeku saat mengunggah templat dunia ke Realm
Umum
Jarak render maksimum di Realms dapat disesuaikan melalui pembaruan backend. Harapkan peningkatan jarak render maksimum di Realms pada minggu depan
Pemain sekarang dapat mengunduh dunia yang lebih besar dari 1GB dari Realms di Xbox
Peningkatan penanganan kesalahan tak terduga selama ekspor dunia dan pesan kesalahan yang lebih baik kini disediakan (MCPE-41898)
Anda sekarang dapat meluncurkan Minecraft langsung ke Realm menggunakan tautan, bahkan saat game tidak berjalan
Tautan contoh: minecraft://connectToRealm?realmId=<Nomor ID>
Permainan
Phantom tidak akan lagi merindukan pemain yang sedang meluncur
Mengurangi kemungkinan pemain muncul di atas Daun
Pasir Mencurigakan tidak lagi muncul di Reruntuhan Laut Dingin (MCPE-173492)
Memperbaiki masalah ketika pemain tidak dapat memblokir dengan Perisai setelah melepaskan untuk menggunakan item yang tersisa dari inventarisnya (MCPE-171346)
Massa
Penyihir yang muncul melalui telur spawn sekarang bergabung dalam penggerebekan dan melemparkan ramuan ke perampok
Massa penyerbu sekarang dapat bergabung dalam penggerebekan yang ada
Massa yang tumbuh menjadi dewasa dan terlalu besar untuk bisa masuk ke dalam Perahu sekarang akan melompat keluar (MCPE-171870)
Prospek tidak akan lagi terputus jika monster yang diikat tidak berada dalam kelompok yang sama dengan pemegang tali saat memuat ulang dunia (MCPE-157182)
Massa yang terbakar tidak lagi menebarkan api ke sasarannya saat memegang sesuatu di tangan utamanya
Perhitungan untuk menentukan apakah mob dapat menyerang pemain atau mob lain telah diubah. Sebelumnya lebar horizontal massa digunakan untuk menentukan jangkauan serangan mereka dan tinggi badan mereka tidak berpengaruh. Area dimana gerombolan dapat menyerang sekarang menjadi kotak pembatas mereka yang diperluas ke arah horizontal
Massa yang terpengaruh oleh perubahan ini adalah Axolotl, Bee, Blaze, Cave Spider, Dolphin, Drowned, Enderman, Endermite, Fox, Hoglin, Husk, Iron Golem, Panda, Piglin, Piglin Brute, Pillager, Silverfish, Skeleton, Spider, Stray, Pembela, Penjaga, Kerangka Layu, Serigala, Zoglin, Zombi, Manusia Babi Zombi, dan Penduduk Desa Zombi
Perhitungan jangkauan baru adalah kotak pembatas monster penyerang diperpanjang 0,8 blok secara horizontal. Jika kotak yang diperluas ini tumpang tindih dengan kotak pembatas target, maka serangan dapat mencapainya
Perubahan ini tidak mempengaruhi jangkauan pemain
Blok
Hitbox Horizontal End Rod sekarang diputar dengan benar (MCPE-171597)
Chorus Flowers sekarang dapat dihancurkan oleh proyektil apa pun, yang tidak akan hilang lagi setelah tumbukan (MCPE-176184)
Kontrol Sentuh
Menyelinap ke dalam air sekarang dapat dilakukan dengan kontrol sentuh (MCPE-167218)
Input sentuh yang digunakan untuk tombol Tinggalkan Kapal tidak lagi melanjutkan untuk mendaftarkan input (MCPE-168574)
Memperbaiki masalah ketika pemain dapat memasuki kustomisasi kontrol sentuh tanpa memiliki kontrol sentuh (MCPE-175530)
Antarmuka pengguna
Status opsi inventaris seperti tombol semua/dapat dibuat dan tab inventaris yang dipilih kini disimpan di antara sesi (MCPE-175159)
Layar pemuatan sekarang menampilkan 3 kategori tip berdasarkan perkembangan pemain
Menambahkan aturan permainan untuk mematikan pesan pembuka kunci resep
Notifikasi buka kunci resep tidak lagi dipercepat saat membuka banyak item
Bilah pencarian di dalam inventaris sekarang selaras dengan UI lainnya (MCPE-174298)
Menambahkan Menu Batal sebagai tindakan yang dapat dipetakan ulang dan mengatur tombol Mouse Kembali sebagai defaultnya
Memperbaiki tampilan tip untuk kendaraan khusus dari paket Marketplace saat menggunakan kontrol sentuh dengan joystick
Xbox On-Screen Keyboard sekarang berpindah ke posisi berbeda jika berada di depan pengguna yang memasukkan teks (MCPE-170831)
Memperbaiki kesalahan tata bahasa dalam pesan kematian Magma (MCPE-64168)
Pesan kematian yang diperbarui ketika terbunuh oleh ledakan Bed di Nether (MCPE-123604)
Membuat hotbar menjadi kurang transparan (MCPE-31014)
Menambahkan peredupan latar belakang pada layar yang tidak memilikinya (MCPE-168598)
Memperbaiki masalah ketika batas di sekitar tab ‘Pembuat’ di Pengaturan tidak disorot (MCPE-169617)
Popup info skin klasik sekarang mengirim Anda ke halaman pengaturan yang benar (MCPE-175854)
Pembaruan Teknis:
Paket Templat Add-On yang Diperbarui
Templat Add-On yang diperbarui untuk 1.20.50 dengan sumber daya, perilaku, dan dokumentasi baru tersedia untuk diunduh di aka.ms/MCAddonPacks
Performa / Stabilitas
Menghapus CraftingEventPacket
Add-On dan Mesin Skrip
Memperbaiki beberapa pesan kesalahan skrip umum untuk memberikan konteks dan informasi yang lebih baik
Menambahkan tombol Hapus ke layar log konten
Animasi
Memperbaiki ketidakandalan di sekitar is_alive di Server
Blok
Blok dengan status “minecraft:cardinal_direction”, “minecraft:facing_direction”, atau “minecraft:block_face” sebagai bagian dari BlockTraits “minecraft:placement_direction” atau “minecraft:placement_position” diputar/dicerminkan dengan benar oleh Blok Struktur
Struktur Blok kosong sekali lagi mencegah interaksi dengan blok dan entitas yang ditempatkan di belakangnya (MCPE-175237)
Blok “papan” sekarang dibagi menjadi beberapa contoh unik “oak_planks”, “spruce_planks”, “birch_planks”, “jungle_planks”, “acacia_planks”, “dark_oak_planks”
Perintah akan tetap berfungsi dengan “papan”, namun blok “papan” tidak akan disarankan
Blok “batu” kini dipecah menjadi beberapa contoh unik: “batu”, “granit”, “granit_poles”, “diorit”, “polished_diorit”, “andesit” dan “polished_andesite”
Grafis
Ketika pemancar partikel ditambahkan ke suatu entitas tetapi partikel disimulasikan di dunia, partikel sekarang bertabrakan dengan dunia dengan benar
Barang
Mengganti nama “minecraft:use_duration” menjadi “minecraft:use_modifiers” dan menambahkan parameter “movement_modifier” dalam format json versi 1.20.50 dan lebih tinggi
“Minecraft:chargeable” tidak digunakan lagi dalam format json versi 1.20.50 dan lebih tinggi. Gunakan “minecraft:use_modifiers” sebagai ganti perilaku “movement_modifier”.
Pemicu peristiwa “on_dig” yang tidak digunakan lagi dari “minecraft:digger” dalam format versi 1.20.50 dan lebih tinggi
Kamera
Menambahkan peringatan konten ketika kamera ditempatkan di luar radius potongan pemain
Komponen Sasaran AI
Menambahkan perilaku “minecraft:behavior.melee_box_action” yang fungsinya sama dengan “minecraft:behavior.melee_action” tetapi menggunakan penghitungan jangkauan serangan berbasis batas
Atribut Reach_multiplier dihapus dan diganti dengan box_increase
Jangkauan dihitung dengan meningkatkan batas monster yang menyerang di bidang xz sebanyak box_increaseblocks untuk membuat “kotak serangan”. Jika kotak serangan bersinggungan dengan batas target, gerombolan penyerang dapat mencapainya
API
Menambahkan alias BlockComponentTypeMap, EntityComponentTypeMap, dan ItemComponentTypeMap yang memetakan ID Komponen ke tipe TypeScript-nya
Mengubah getComponent, Entity.getComponent, dan ItemStack.getComponent untuk mengembalikan tipe Komponen turunan yang benar
Menambahkan enum BlockComponentTypes, EntityComponentTypes, dan ItemComponentTypes yang menghitung string ID komponen
Memindahkan PlayerInteractWithBlockAfterEvent dari beta ke 1.7.0
Memindahkan PlayerInteractWithBlockBeforeEvent dari beta ke 1.7.0
Memindahkan PlayerInteractWithEntityAfterEvent dari beta ke 1.7.0
Memindahkan PlayerInteractWithEntityBeforeEvent dari beta ke 1.7.0
Memindahkan PlayerLeaveBeforeEvent dari beta ke 1.7.0
Memindahkan antarmuka NumberRange ke minecraft/common
Memindahkan heightRange: NumberRange dari beta ke 1.7.0
Memindahkan kecocokan dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi clearDynamicProperties dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi getDynamicProperties dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi getDynamicPropertyIds dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi getDynamicPropertyTotalByteCount dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi setDynamicProperty dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi clearDynamicProperties dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi getDynamicProperties dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi getDynamicPropertyIds dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi getDynamicPropertyTotalByteCount dari beta ke 1.7.0
Memindahkan fungsi setDynamicProperty dari beta ke 1.7.0
KutuPerdetik
Pindah dari beta ke 1.7.0
Memindahkan offset dari beta ke 1.7.0
Pindah ke atas dari beta ke 1.7.0
Pindah ke bawah dari beta ke 1.7.0
Pindah ke utara dari beta ke 1.7.0
Pindah ke timur dari beta ke 1.7.0
Pindah ke selatan dari beta ke 1.7.0
Pindah ke barat dari beta ke 1.7.0
Pindah pusat dari beta ke 1.7.0
Memindahkan bottomCenter dari beta ke 1.7.0
Menambahkan dukungan NPC awal ke pembuatan skrip dengan EntityNpcComponent
MovedEntity.hapus dari beta ke 1.7.0
Barang
Menghentikan penggunaan komponen item lama “tag:” dan merilis komponen item “minecraft:tags” dari versi eksperimental dalam format json 1.20.50 dan lebih tinggi
Massa
Memperbaiki masalah yang mencegah monster muncul lebih dari 6 bongkahan dari pemain terdekat meskipun jangkauan simulasi server lebih besar dari 6 bongkahan
Menambahkan komponen “minecraft:can_join_raid” untuk memungkinkan entitas bergabung dalam serangan yang ada
Molang
Memperbaiki pemuatan pengontrol animasi untuk menggunakan min_engine_version paket daripada format_version file untuk menentukan Versi Molang. Perbaikan ini berlaku untuk pengontrol animasi dalam paket dengan min_engine_version 1.20.50 atau lebih tinggi
Kueri Molang berikut sudah tidak digunakan lagi dan tidak lagi tersedia dalam paket dengan min_engine_version 1.20.50 atau lebih tinggi
is_scenting
Diganti dengan timer_flag_1, disetel oleh behavior.timer_flag_1
terbit
Diganti dengan timer_flag_2, disetel oleh behavior.timer_flag_2
adalah_perasaan_bahagia
Diganti dengan timer_flag_3, disetel oleh behavior.timer_flag_3
dash_cooldown_progress
Itu hanya digunakan untuk menyesuaikan animasi kepala unta saat keluar dari cooldown dasbor
Animasi unta sekarang menggunakan dash_cooldown_progress di camel.entity.json
query.is_moving sekarang mendeteksi lagi gerakan vertikal untuk pemutar
Pembaruan Teknis Eksperimental:
tes permainan
Pemain Simulasi
stopUsingItem sekarang mengembalikan item yang sedang digunakan
Properti Dinamis
Perubahan NBT: Properti dinamis sekarang disimpan menggunakan UUID manifes paket perilaku, bukan UUID modul. Dunia yang ada yang menggunakan properti dinamis akan terus berfungsi, dan akan dimigrasikan ke format baru saat properti dibaca atau diubah
API skrip
Memperbaiki @minecraft/server-uiforms yang tidak menampilkan informasi papan skor pemain dengan benar saat disematkan dalam teks mentah
API
Menambahkan effectAddBeforeEvent dan menghapus effectState dari effectAddAfterEvent
Memperbaiki properti target menjadi tipe Entitas atau tidak terdefinisi karena entitas mungkin tidak memiliki target
Informasi EntityHit
Properti entitas tetap menjadi tipe Entitas atau tidak terdefinisi karena entitas mungkin tidak terdefinisi
Komponen Inventaris Entitas
Variabel anggota container sekarang mencerminkan dengan benar apakah itu container atau tidak terdefinisi
Variabel anggota entitas sekarang mencerminkan dengan benar apakah itu Entitas atau tidak terdefinisi
ItemStartUseOnAfterEvent
itemStack sekarang opsional
ItemStopUseAfterEvent
itemStack sekarang opsional
DataDrivenEntityTriggerAfterEvent
Mengganti nama id properti menjadi eventId untuk kejelasan
Mengubah getModifier agar berfungsi dalam mode baca-saja
Mengubah DefinitionModifier dari kelas menjadi antarmuka dengan properti
Dibuat dengan benar mencerminkan bahwa ia dapat mengembalikan EntityType | tidak terdefinisi, bukan hanya EntityType
Minecraft 1.20.50 Official Release
Minecraft 1.20.50 Official Release (200MB) : KLIK DISINI
Minecraft 1.20.50 Official Release (600MB) : KLIK DISINI
Apa perbedaan versi 200MB & 600MB?
Versi 200MB : Lebih ringan namun beberapa fitur di hilangkan
Versi 600MB : Fitur lengkap
Butuh Shader Atau Addon Tambahan?